Whatsapp Bisa Deteksi Hoaks Dari Pesan Yang Diteruskan

By | October 15, 2020

Whatsapp Bisa Deteksi Hoaks Dari Pesan Yang Diteruskan – Pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama whatsapp, setiap orang yang menggunakan whatsapp pasti memiliki aplikasi whatsapp di dalamnya, karena whatsapp merupakan sebuah aplikasi social media yang mampu berbagi pesan ,telfon, hingga video call paling populer didunia saat ini.

Salah satu fitur whatsapp yang sering kita lihat adalah pesan yang di teruskan, seseorang dapat meneruskan sebuah pesan ke pada teman lainya, atau group lainya, dan akhir-akhir ini semakin banyak pesan-pesan hoaks yang beredar di whatsapp yang selalu lalu lalang di fitur teruskan whatsapp. Contohnya pengguna whatsapp pasti sering melihat sebuah pesan mengenai obat dari covid 19 yang diteruskan pada whatsapp, dan pengguna whatsapp harus mengetahui bahwa itu belum tentu benar.

Whatsapp Bisa Deteksi Hoaks Dari Pesan Yang Diteruskan

Whatsapp Bisa Deteksi Hoaks Dari Pesan Yang Diteruskan

Saat ini whatsapp sebagai aplikasi paling populer di dunia, sudah menambahkan sebuah fitur untuk memeriksa dari keakuratan pesan yang di teruskan tersebut. Nantinya pada pesan-pesan yang diteruskan pengguna aplikasi whatapp akan melihat sebuah logo kaca pembesar, dan ketika di klik akan terbuka sebuah halaman google yang mencari mengenai informasi tersebut,  jadi kita bisa mengetahui kebenaran asal usul dari pesan yang diteruskan tersebut, dengan demikian pengguna  bisa mengurangi keraguan akan pesan tersebut.

WhatsApp menunjukkan bahwa fungsi fitur untuk meng-upload pesan ke browser mobile, tetapi tanpa mengungkapkan isi pesan dari WhatsApp. Saat ini, fungsi tersebut diluncurkan di Brazil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat untuk perangkat berbasis Android, iOS dan Web WhatsApp. Kita wajib mengetahui tentang fitur yang satu ini, karena memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kita, dengan demikian kita secara tak langsung sudah membantu pemerintah untuk memberantas berita hoaks di negri ini.

Di beberapa tahun kebelakang, WhatsApp telah mengambil beberapa langkah untuk menghentikan penyebaran informasi hoaks. Pada Januari 2019, sebuah aplikasi dengan logo reseptor membatasi jumlah bicara, di mana hanya pesan diteruskan dapat didistribusikan , whatsapp telah melakukan beberapa langkah kongkret untuk memberantas berita hoaks yang selalu mondar-mandir pada aplikasinya, dan untuk fitur yang terbaru ini, whatsapp memanfaat kan google untuk mencari sumber informasi mengenai pesan yang ada pada whatsapp tersebut, dengan demikian pengguna dapat mengetahui sumber asli dari informasi tersebut, apakah dapat dipercaya atau tidak.

Pada bulan April tahun ini, perusahaan mulai untuk menandai pesan diteruskan berkali-kali dengan panah ganda, biar penerima tahu bahwa pesan tidak datang dari kontak orang dekat dengan pengguna. Jadi pengguna whatsapp bisa membedakan beberapa tipe pesan yang ditersukan dalam sebuah group besar, pesan itu berasal dari orang yang kita kenal, atau tidak.

Dengan beberapa fitur yang sudah di luncurkan whatsapp ini, jika kita dapat memaksimalkan penggunaanya, kita dapat membedakan sebuah informasi hoaks atau bukan. Dengan menggabungkan ke dua fitur yang sudah ada dijelaskan di atas, dan memaksimalkan kinerjanya, kamu akan menjadi tau, mana informasi yang benar, dan mana informasi hoaks.

Jika beberapa orang mampu menggunakan fitur itu dengan maksimal, maka penurunan penyebaran berita hoaks di negri ini pastinya menjadi turun drastis, karena kita sendiripun menghindari untuk menyebarkan berita hoaks.

Demikianlah artikel mengenai Whatsapp bisa deteksi hoaks dari pesan yang diteruskan

, semoga dapat membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan informasi kamu.

Cek juga : https://tiarway.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *